Kamis, 26 Januari 2017

7 Jajanan Bandung Yang Wajib Di Coba

Kota Bandung tidak hanya terkenal dari segi wisata nya yang unik, Kota Bandung ini ternyata menyimpan keanekaragaman kuliner yang menarik untuk kamu coba. Salah satu kuliner yang patut kamu coba di sebut Kota Kembang ini adalah jajanan ringan khas yang terkenal di kota ini.

Mari yuk kita cek satu persatu, apa saja jajanan khas Kota Bandung? Berikut ini 7 jajanan lezat khas Kota Bandung yang bisa kamu coba :

1.BASRENG



 
Ini salah satu makanan yang khas di Kota Bandung. Mungkin hanya sedikit yang mengetahui makanan ini. Bakso goreng ini singkatannya (Basreng), lebih tepatnya lagi baso yang kemudian diolah menjadi gorengan dan tidak seperti biasanya yang berkuah. 

Basreng atau bakso goreng, biasanya dibandrol dengan harga Rp 1.000 sampai Rp 3.000 tergantung dari jumlah pembelian. Kalau kamu membeli ini jangan lupa untuk memberi bumbunya, yang telah disediakan sama si penjual, kamu dapat ambil sesuka hatimu.

Bumbu ini diantaranya yakni rasa keju, asin, pedas, manis. Kota Bandung telah banyak orang yang mengenal makanan unik dan sederhana ini.
2. CIMOL


Singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemul yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng.Sama seperti baso goreng, makanan khas Bandung ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng. Namun, yang satu ini rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat. Apalagi kalau disajikan saat panas dan ditemani secangkir teh atau kopi.


3. CILOK


.Dengan bentuk bulat-bulat serta kenyal, habis dalam sekali lahap juga. Cilok makanan khas Bandung juga merupakan jajanan yang digandrungi khususnya di Kota Bandung.

Meskipun cilok sekarang ini lebih sering dijumpai di area sekolah, namun colok atau sigkatannya “aci dicilok” ini sudah beragam inovasi mulai dari bentuk dan rasanya serta harganya. Dahulu hanya berbumbu kacang, sekarang kamu bisa mencicipi dengan saus mayonnise dengan isian yang bermacam-macam rasanya.


4. CIRENG


Kamu pasti udah pada kenal dengan makanan yang satu ini kan. Kalau belum, kenalan dulu dengan makanan khas kota Bandung yang satu ini. Kenapa disebut dengan Cireng? Cireng (singkatan dari aci di goreng “kata orang Sunda” untuk tepung kanji yang digoreng), jajanan yang satu ini sangat populer di daerah Priangan yang dijual dlaam berbagai bentuk dan harga variasi yang berbeda-beda.


5. SIOMAY BANDUNG



Makanan khas Bandung yang satu ini yang sering kita jumpai, mulai di sekolah, perumahan, pinggir jalan dan juga ada di perkantoran. Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan, dicampur dengan sagu dan semakin nikmat dengan bumbu kacang.


6. BATAGOR




Menu yang satu ini masih bersaudara dekat dengan siomay. Singkatan dari batagor sendiri yaitu (bakso tahu goreng), keunikan dari batagor yaitu setelah digoreng hingga warnanya kecoklatan. Bahan dari pembuatan batagor, yaitu adonan ikan dan tepung kanji digoreng serta ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau, akan menambahkan kelezatan saat kamu menyantapnya.


7.SEBLAK


Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan dicampur racikan bumbu pedas terdiri dari cabai, bawang putih, garam serta kencur. Seblak ini ada 2 jenis yakni seblak kering dan seblak basah.


Mungkin ini baru beberapa dari sekian banyak jajanan yang ada di Bandung. Ada kah salah satu yang menjadi favorit anda ?

0 komentar:

Posting Komentar